by

Usai Gempur Padang Berangin, Ini Desa Bidikan Satgas DD Berikutnya

BENGKULU SELATAN | RONIN98.COM Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berhasil mendapatkan satu temuan penting saat melaksanakan monitoring dan evaluasi di Desa Padang Berangin, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Rabu (28/8/2019).

Temuan itu berupa laporan hoaks dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) —terekspos melalui salah satu media online— terkait dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2016 hingga 2018.

Akibatnya, Tim Satgas berjumlah lima personel —dipimpin Koordinator Divisi Penanganan Masalah Pengelolaan DD, Sudarno SIP— tersebut tidak menemukan bukti otentik terkait substansi laporan dimaksud.

“Alhamdulillah, kedatangan Satgas membuat tudingan yang selama ini mengarah ke kami lenyap seketika,” ungkap Kepala Desa Padang Berangin, Darmawan Usman, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (29/8) pagi.

Menurut dia, sejak sebelum melapor hingga detik ini, pihak pelapor tidak pernah mengonfirmasi pihak berkompeten di lingkungan Pemerintah Desa Padang Berangin.

Sehingga laporan penyelewengan DD yang sempat digembar-gemborkan melalui salah satu media online —berbasis di Kota Bengkulu— ini disinyalir mengabaikan azas hukum praduga tidak bersalah alias tudingan membabi-buta.

Satgas Dana Desa memeriksa laporan realisasi DD Padang Berangin tahun anggaran 2016 hingga 2018. Tidak ada temuan penyimpangan.

“Tapi sudah lah, sekarang duduk persoalannya sudah terang-benderang. Satgas Dana Desa sudah membuktikannya sendiri. Kami sangat berterima kasih atas kunjugan mereka,” pungkasnya.

Informasi terhimpun Ronin98.com, Kemendes PDTT menerjunkan serentak lima tim Satgas DD ke lima kabupaten provinsi berbeda dalam waktu bersamaan, yakni Kabupaten Karangasem (Bali), Kabupaten Tuban (Jawa Timur), Kabupaten Landak (Kalimantan Barat), Kabupaten Manggarai Barat (Nusa Tenggara Timur), dan Kabupaten Bengkulu Selatan (Bengkulu).

Baca Juga: Gawat! Satgas Dana Desa Satroni Padang Berangin

Di Bengkulu Selatan, tim ini menyasar Desa Padang Berangin, dilanjutkan ke Desa Gunung Kayo Kecamatan Bunga Mas, pada hari kedua (Kamis, 29/8).

Desa-desa lainnya yang tengah dibidik Satgas dalam giat ini belum terkonfirmasi. Tersiar kabar, Satgas DD akan bertolak ke Jakarta akhir pekan ini.

Hingga berita ini ditayangkan, LSM pelapor DD Padang Berangin masih dalam upaya dikonfirmasi. Sejauh ini, kedudukan kantornya belum jelas. Bahkan, alamat kantor redaksi media online yang mengekspos berita dugaan kasus tersebut juga belum ditemukan.[ron4]

top

Berita Lainnya