by

Persiman U-16 Digagalkan ke Liga Nasional, KONI Digugat

BENGKULU SELATAN | RONIN98.COM — Terhalang nihilnya dukungan biaya, Persatuan Sepakbola Manna (Persiman) Kabupaten Bengkulu Selatan gagal memberangkatkan para pemainnya mengikuti Liga Pelajar U-16 Piala Menpora di Bali.

Kegagalan itu membuat kecewa segenap pesepakbola U-16 yang sebelumnya telah memenangi liga tersebut —bermodal dana pribadi para pemain— di seri Provinsi Bengkulu.

“Kami baru diberitahu pelatih Hari Kamis, bahwa Persiman gagal berangkat karena tidak dapat bantuan biaya tiket pesawat Bengkulu-Bali. Kalau akomodasi dan keperluan lainnya selama di Bali, memang akan ditanggung penyelenggara. Aneh, kemana perhatian pemerintah daerah?” sesal salah satu pemain U-16 Persiman, Wisnu, Sabtu (1/9) siang.

Kapten kesebelasan, Iqbal menimpali, kegagalan “merumput” di kancah nasional ini tentu akan berdampak psikologis. “Gelar juara yang diraih susah-payah di tingkat provinsi, ternyata tidak membuat Pemkab dan KONI peduli dengan capaian prestasi remaja di daerahnya. Ini akan jadi preseden buruk,” ucapnya sembari diamini para pemain lainnya.

Menurut mereka, personel yang akan diberangkatkan terdiri dari 18 pemain, dua pelatih, dua ofisial, manajer tim, Ketua dan Sekretaris Persiman. Dengan asumsi tarif tiket pesawat Bengkulu-Bali pulang pergi adalah Rp 2,5 juta/orang, maka dana yang dibutuhkan hanya Rp 62,5 juta. Angka itu tidak seberapa dibanding dana yang telah dikeluarkan KONI untuk Popda —empat cabang olahraga— yang hampir mencapai Rp 0,5 miliar.

Terpisah, salah satu orangtua pemain kepada Ronin98.com menyatakan, dia merasa anaknya telah dipermainkan Pemkab, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkulu Selatan.

SK Persiman U-16 sebagai juara pertama Seri Provinsi Bengkulu dan berhak melaju ke Seri Nasional Piala Menpora.

“Waktu ikut seri provinsi, kami keluar biaya sendiri, bahkan berangkat dari manna hingga pulang jalan masing-masing, tanpa dikoordinir. Setelah jadi juara provinsi dan akan lanjut ke liga nasional mewakili Provinsi Bengkulu, semuanya tutup mata. Dasar tidak bertanggungjawab!” cecarnya.

Orangtua pemain lainnya menengarai, kegagalan keberangkatan ini adalah intrik oknum tertentu di tubuh Persiman atau KONI Bengkulu Selatan guna mengambil keuntungan pribadi dari pemberangkatan juara kedua, yakni PS Tunas Muda asal Kota Bengkulu.

“Indikasi persekongkolan ini harus disusuri, karena saya dengar sebelum Persiman memutuskan tidak berangkat, seseorang dari Tunas Muda pernah meminta lima pemainnya diselipkan (ikut berangkat sebagai penumpang gelap-red). Ini tidak wajar, pemain yang masih kecil-kecil begitu sudah diajari berperilaku ban**at,” cetusnya.

Plt Bupati Terkejut
Mendengar informasi tersebut, Plt Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM mengaku telah menghubungi Kepala Dispora, dan saat ini baru tahu urusan sepakbola itu berada di bawah KONI.

“Saya baru tahu saat ini, karena kita belum sempat diskusi dengan KONI sama sekali. Ini menjadi pelajaran kita ke depan, agar kita harus sering duduk bersama untuk berkoordinasi,” tukasnya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (1/9) siang.

Para pemain Persiman U-16 menjelang laga final Liga Pelajar Piala Menpora Seri Provinsi Bengkulu, Jum’at (24/8) lalu.

Beberapa menit sebelumnya, Gusnan menyarankan Ronin98.com menanyakan penyebab paling mendasar tidak diberangkatkannya Persiman U-16 kepada Dispora atau KONI, sebab dirinya belum tahu persis tentang anggaran itu ada atau tidak.

Hingga berita ini dipublis, pengurus KONI sedang dalam upaya dikonfirmasi. Sementara, desakan orangtua para pesepakbola Persiman U-16 meminta pihak berkompeten segera mengaudit keuangan KONI dan lembaga lainnya terkait kegiatan olahraga di Kabupaten Bengkulu Selatan semakin gencar. Setelah itu, kepengurusan KONI harus dirombak, karena dinilai telah gagal menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Liga Pelajar U-16 Seri Nasional dimulai besok, hingga Minggu (9/9) mendatang. Seri Provinsi Bengkulu, telah terlaksana 19-24 Agustus lalu.[ron2]

top

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya