by

Mampu Beroperasi Siang-Malam, Makhluk Ini Diyakini Bukan Hantu

MAKHLUK klenik yang satu ini acapkali dikonotasikan negatif di blantika perdukunan Tanah Air, bukan saja karena asal-usulnya, melainkan lebih disebabkan perilaku jahatnya. Parakang namanya, sejak berabad-abad silam keberadaannya sudah terlegitimasi kalangan masyarakat tradisional Sulawesi Selatan dan sekitarnya, meski belum ada satupun penelitian ilmiah yang mampu membuktikan alur genetiknya.

Saking tenarnya, tahun lalu Polrestabes Makassar pernah membentuk gugus tugas khusus dinamai Tim Parakang untuk meladeni ulah geng motor dan balapan liar yang sering mengganggu kenyamanan warga di wilayah hukumnya.

Parakang diyakini manusia jadi-jadian yang mampu berubah wujud menjadi apa saja, beroperasi tanpa kenal waktu dan tempat, menyasar manusia sebagai korbannya. Tak jarang, bangsa siluman satu ini, disebut-sebut sebagai ancaman nyata. Mereka tak segan-segan menghabisi nyawa korbannya.

Menurut mitologi masyarakat setempat, parakang awalnya adalah manusia biasa yang menuntut ilmu aliran kiri —pesugihan, kedigdayaan dan sejenisnya— tapi di tengah-tengah ritual mengalami kegagalan karena tidak sanggup menjalani beratnya ujian.

Manusia dengan ilmu hitam “setengah jadi” tersebut, akhirnya berubah menjadi makhluk jadi-jadian. Celakanya, seorang parakang juga harus menanggung kutukan di akhir hayat, berupa sakaratul maut yang berat. Kutukan itu bisa dihindari —ditunda hingga generasi berikutnya— kalau ilmu setengah jadi itu diturunkan kepada anak-cucunya sebelum wafat. Hal ini membuat eksistensi parakang terjaga dari masa ke masa.

Kenali Wujudnya
Dalam kondisi normal, wujud parakang takkan ada bedanya dengan manusia biasa. Namun saat mulai beraksi, matanya memerah dan tampak menyeramkan, lidah panjang menjulur, kulit mengeras/tebal dan tidak mempan ditembus apapun.

Berbeda dengan mahluk gaib lainnya yang sering berubah wujud hanya di malam hari, parakang justru tak mengenal waktu, bahkan dimanapun mereka berada bisa berubah wujud sesuai kehendak Si Empunya ilmu. Bukan hanya wajah menyeramkan, makhluk ini juga mampu menjelma menjadi hewan dan benda mati.

Kendati demikian,,,

top

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya