by

Keren! Tronton Bawa Alat Berat Perusak HL Dikawal PJR

BANGKA BARAT | RONIN98.COMPengemudi truk tronton BN 8926 TL pembawa alat berat jenis excavator mengaku keberangkatannya dari Kota Pangkalpinang menuju Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dikawal mobil Patroli Jalan Raya (PJR).

Pengakuan sopir yang enggan menyebutkan namanya ini diperoleh Ronin98.com saat mendapati tronton yang dikemudikannya menurunkan muatan di Dusun Tambang 25, Desa Cupat, Kecamatan Parittiga, Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 17:30 WIB.

“Saya tadi bawa PC (excavator-red) dari Pangkalpinang ke Parittiga dikawal PJR,” cetusnya.

Menurut Si Sopir, sesampai di tujuan pertama (Parittiga) dan tidak lagi dikawal PJR, dia ditelepon pengurus alat berat tersebut, minta muatan dibawa ke Tambang 25.

Tronton BN 8926 TL saat menuju Dusun Tambang 25, Desa Cupat, Selasa (11/6) sore. Saat ini, PJR tidak lagi mengawal tronton.

“Jadi langsung saya bawa saja. Kami membawa alat berat ini tidak memakai surat jalan segala, karena kami jual jasa angkutan,” ujarnya.

Baca Juga: Alur Sungai Lenyap Ditambang, Desa Air Gantang Diteror Bencana Banjir

Dihubungi melalui telepon, pengurus alat berat dimaksud —tidak bersedia menyebutkan namanya— mengatakan excavator yang diangkut tronton bernopol BN 8926 TL ini milik seseorang yang pengoperasiannya dikelola Pendi.

Sebuah pick-up bermuatan kayu hasil ilegal logging di kawasan HL Desa Air Gantang terpantau sedang menuju Pantai Kuarsa. Diduga, kayu-kayu ini akan dijadikan bahan pembuat sarana pencucian bijih timah.

Dengan nada bicara tinggi, pria yang diyakini sebagai salah satu centeng tambang timah ilegal ini mengatakan excavator akan beroperasi di pinggir laut kuarsa, wilaya Hutan Lindung (HL) Desa Teluk Limau.

Baca Juga: Kebun Sawit PT SWK Ditambang, Status Alih Fungsi Lahan Dipertanyakan

“Masuk saja ke dekat Pantai Kuarsa, di sana ada puluhan unit alat berat beroperasi mengeruk lubang camui TN (tambang nonkonvensional-red) menambang timah,” pungkasnya meledak-ledak.

Situasi terkini penambangan timah ilegal di kawasan lindung dekat Pantai Kuarsa.

Patauan terkini Ronin98.com di lokasi Kuarsa, banyak excavator bekerja mencabik-cabik perut bumi kawasan lindung tersebut tanpa terusik sedikitpun oleh aparat penegak hukum.

Hingga berita ini dipublish, aparat penegak hukum setempat, penanggungjawab operasional mobil PJR pengawal tronton dan pihak berkompeten lainnya dalam upaya dikonfirmasi.[ron24]

top

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya