by

Desa dan Daerah Terbantu, Program PISEW Diminta Berkelanjutan

BENGKULU SELATAN | RONIN98.COM — Melihat antusiasme masyarakat Desa Durian Seginim Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan mendukung proyek Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) di desa mereka, abituren SD Inpres setempat —sekarang SDN 44 BS— Ikhsanudin mengaku salut.

Menurut dia, dukungan masyarakat beserta seluruh komponen pemerintahan sangat beralasan, mengingat lambannya progres pembangunan di Kabupaten Bengkulu Selatan akibat keterbatasan kemampuan APBD. Sementara Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat juga masih harus digunakan menggerakkan sektor pembangunan lainnya, seperti pembinaan, pemberdayaan masyarakat, dan permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kalau hanya mengandalkan APBD dan DD, tentu harapan masyarakat memiliki infrastruktur memadai akan lama baru bisa terwujud. Andil pemerintah pusat melalui PISEW ini, layak diapresiasi dalam bentuk dukungan konkret semua pihak,” ungkapnya, Senin (10/9) sore.

Pegiat antikorupsi Provinsi Bengkulu ini menyadari, dukungan tidak selamanya berwujud pujian. Saran dan kritik konstruktif pun merupakan bagian dukungan kepada Program PISEW, sebab di situlah letak kepedulian saling mengingatkan demi kebaikan bersama.

Namun, lanjut Ikhsanudin, kalau nantinya ada pihak berniat menyampaikan kritik, hendaknya melalui jalur dan etika sepantasnya. “Mari kita hindari berkoar-koar tidak pada tempatnya, termasuk tindakan-tindakan yang bisa mengganggu jalannya pengerjaan proyek. Kita tidak boleh menilai prestasi atau kualitas pekerjaan seseorang hanya dari mimik wajah atau bahasa tubuhnya (normatif-red) saja. Cek dulu realita obyek yang dikritik,” ajaknya.

Baca: PISEW Lancar, Warga Durian Seginim Apresiasi BKAD dan Kementerian PUPR

Ikhsan menilai, sejauh ini peningkatan jalan lingkungan permukiman melalui Program PISEW di jalan penghubung alternatif Durian Seginim-Dusun Baru yang dikerjakan Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Seginim tersebut, baik-baik saja.

Sebagai putera daerah, dirinya berharap pemerintah pusat berkenan menjadikan PISEW sebagai program berkelanjutan, dan setiap tahun Kecamatan Seginim tetap memperoleh alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur vital lainnya.

“Tahun lalu, BKAD Kecamatan Seginim memperoleh predikat The Best First di Provinsi Bengkulu dalam program yang sama. Tahun ini saya harap bisa mempertahankannya. Bahkan kalau bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” tutupnya.[ron4]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya